Maksud dengan manager adalah
orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang
berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang
sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology).
Dan tugas seorang manager adalah
bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variabel (karakteristik, budaya,
pendidikan dan lain sebagainya) kedalam suatu tujuan organisasi yang sama
dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian. Adapun mekanisme yang diperlukan
untuk menyatukan variabel diatas adalah sebagai berikut:
- Pengarahan (direction) yang mencakup pembuatan keputusan, kebijaksanaan, supervisi, dan lain-lain.
- Rancangan organisasi dan pekerjaan.
- Seleksi, pelatihan, penilaian, dan pengembangan.
- Sistem komunikasi dan pengendalian.
- Sistem reward.
Hal tersebut memang tidak
mengherankan karena posisi Manajer Proyek memegang peranan kritis dalam
keberhasilan sebuah proyek terutama di bidang teknologi informasi. Berikut ini
kualifikasi teknis maupun nonteknis yang harus dipenuhi seorang Manajer Proyek
yang saya sarikan dari IT Project Management Handbook.
Setidaknya ada 3 (tiga)
karakteristik yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kualifikasi seseorang
untuk menjadi Manajer Proyek yaitu:
- Karakter Pribadinya yang memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai teknis pekerjaan dari proyek yang dikelola olehnya, yang mampu bertindak sebagai seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung jawab serta yang memiliki integritas diri yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung di lingkungan tempat dia bekerja.
- Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola.
- Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin.
Sumber : http://www.google.com
http://talitatristaa.blogspot.com/search/label/Tugas%20semester%208
Tidak ada komentar:
Posting Komentar